Advertisement

Cara Mengatasi Email Dalam Antrean (Email Tidak Terkirim)

Cara Mengatasi Email Dalam Antrean (Email Tidak Terkirim) - Haii agan-agan pencari Info Lowongan Kerja Indonesia, Kali ini Cara Mengatasi Email Dalam Antrean (Email Tidak Terkirim), Tribun Loker punya beberapa info nih, langsung saja cek infonya di bawah.

Judul Info Lowongan Kerja : Cara Mengatasi Email Dalam Antrean (Email Tidak Terkirim)

Info Loker Peluang Lain


Cara Mengatasi Email Dalam Antrean (Email Tidak Terkirim)

 Bagaimana Cara Mengatasi Email Dalam Antrean?

Beberapa waktu lalu, Tribun Cara sempat berkolaborasi dengan Maskere.me dalam artikel "Penyebab Email Dalam Antrean (Email Tidak Terkirim)". Tidak jarang, penulis dan teman-teman kuliah (penulis) ketika mengirimkan file tugas ke dosen melalui email mendapatkan beberapa masalah, padahal waktu sudah mepet-mepetnya. Sering sekali pada akhirnya teman-teman malah mengumpulkan terlambat, bukan waktu mengirimnya yang telat, namun terkirimnya email oleh sistem yang terlambat, sehingga keterangan waktu dalam email.

Beberapa diantaranya bercerita bahwa emailnya sedang dalam antrean, beberapa lagi malah masuk kotak keluar. Masalahnya, yang kotak keluar ini sudah jelas ada typo dalam email, namun penulis tidak bisa memastikan jika pernyataan sistem adalah "Sedang Dalam Antrean". 

Penulis kemudian mencari beberapa referensi, alasan, penyebab, dan solusi. Melalui rangkaian tahapan tadi, penulis kemudian dapat menyimpulkan beberapa poin masalah dan solusinya. Semuanya telah penulis rangkum dalam artikel berikut yang berjudul "Cara Mengatasi Email Dalam Antrean (Email Tidak Terkirim)".

Penyebab dan Cara Mengatasi Email Dalam Antrean

Sebelum menyelesaikan sebuah permasalahan (email dalam antrean untuk kasus ini), penulis ingin menjelaskan berbagai kemungkinan yang menyebabkan email tidak terkirim, ataupun email dalam antrean. Dengan mengetahui penyebab-penyebabnya, diharapkan nanti para pembaca bisa lebih aware lagi dalam menghadapi kasus serupa, sehingga meminimalkan terulangnya kejadian tersebut dan mengurangi rasa panik akibat ketidaktahuan. Berikut cara mengatasi email dalam antrean.

1. Kesalahan Penulisan Email Tujuan

Ini adalah kesalahan yang paling umum terjadi, secara spesifik, kesalahan-kesalahan tersebut dapat penulis jabarkan sebagai berikut:
  1. Kesalahan Eja, perhatikan kembali ejaan pada nama email maupun domain email. Hal ini sering terjadi, apalagi dalam email universitas yang kadang super njlimet.
  2. Spasi di Depan, Belakang, Maupun Keduanya, dalam penulisan email tujuan, entah sengaja atau tidak, tidak perlu ada spasi (space) di awal, akhir, maupun keduanya. Coba diperhatikan lagi.
  3. Titik Di Akhir Alamat, dalam akhir penuisan alamat email, perhatikan lagi untuk tidak menuliskan tanda "." titik.

2. Pesan Dianggap Spam

Apa itu Spam? Dalam konteks ini, pesan dianggap mengandung isi (teks), atau link (jika ada) yang mencurigakan, dan cenderung berbahaya. Perhatikan lagi apa yang akan, maupun sedang kamu kirim-kan. Beberapa hal yang menyebabkan sistem menganggap pesanmu adalah spam, telah penulis rangkum dalam 2 poin berikut:
  1. Mengirimkan ke Banyak Orang, menggunakan fitur Cc atau Bcc dalam fitur pengiriman email, khususnya gmail untuk menambahkan jumlah penerima sekaligus, nampaknya kurang baik. Kamu tetap bisa menggunakan Cc untuk mempersingkat pengiriman email ke banyak orang dengan tetap memberi batasan penerima, misal 8-10 email penerima untuk sekali kirim. Jika masalah masih berlanjut, sesuaikan dengan mengurangi penerima. Update: Jika ingin tetap mengirim ke banyak penerima sekaligus bisa mencoba Google Group, berikut cara membuat Google Group
  2. Link, jika kamu menyisipkan link dalam badan email, coba untuk menghapusnya. Bisa jadi link yang hendak kamu kirimkan, merupakan link berbahaya yang biasanya "meminta informasi data pribadi", Google telah menghadapi masalah ini sejak lama, oleh karenanya sistem cukup ketat sekarang.

3. Server Alamat Penerima Membatasi

Ya, kamu tidak salah. Meskipun terkadang si penerima sendiri yang meminta kita mengirimkan suatu hal ke email yang ia berikan, ia sendiri tidak tahu bahwa server email yang ia gunakan membatasi penerimaan dari email yang tidak terdaftar (biasanya menggunakan domain selain gmail dan menggunakan sistem pembatas untuk menghindari spam). Coba tanyakan lagi, atau langsung sampaikan masalah yang kamu hadapi. Hal tersebut tentu masih dalam lingkup cara mengatasi email dalam antrean, atau lebih tepatnya mengatasi masalah pada pengiriman email.

4. Kapasitas Penyimpanan Google Penuh

Akun Google yang kamu gunakan untuk mengirim email, memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB, ada kemungkinan juga kapasitasnya penuh sehingga berpengaruh dalam pengiriman email. Coba cek di Google Drive kamu dan bersihkan sebagai cara mengatasi email dalam antrean.

5. Alamat Penerima, Menerima Banyak Email Dalam Satu Waktu

Ini yang sering terjadi, misalnya ini kamu dan teman-temanmu mendapatkan tugas yang mana disubmit ke email berikut dosen@gmail.com dengan pukul deadline 13:00. Nah, ternyata sebanyak 30 orang yang mengirim (termasuk kamu). Mengirimkan secara bersamaan ke email dosen tadi pada pukul 12:45. Nah, disini masalahnya. Dari 30 email yang mencoba mengirim, 10 email terakhir berakhir "Sedang Dalam Antrean" dan mungkin tidak terkirim tepat waktu.

Solusinya kalau sudah terjadi ya menunggu sistem saja, tunggu sampai alamat penerima siap menerima email kamu, Haha. Jika belum terjadi, usahakan untuk mengirimnya jauh-jauh dari waktu deadline untuk menghindari banyaknya email masuk ke penerima.

6. Koneksi Buruk

Dan ini adalah problematika terakhir dari segala permasalahan dunia internet, coba pastikan jaringan internet kamu cukup baik untuk mengirimkan email.

Nah, sekian artikel "Cara Mengatasi Email Dalam Antrean" yang penulis buat, referensi yang penulis gunakan adalah pengalaman pribadi dan beberapa poin yang penulis temukan dari halaman support.google.com milik Google. Semoga bisa membantu, hehe.


Demikianlah Artikel Cara Mengatasi Email Dalam Antrean (Email Tidak Terkirim)

Sekian Info Lokernya Cara Mengatasi Email Dalam Antrean (Email Tidak Terkirim), semoga saja bisa bermanfaat untuk agan-agan semua. okay, sekian postingan Info loker Indonesia kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Mengatasi Email Dalam Antrean (Email Tidak Terkirim) dan artikel ini url permalinknya adalah https://tribuncara.blogspot.com/2020/11/cara-mengatasi-email-dalam-antrean.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengatasi Email Dalam Antrean (Email Tidak Terkirim)"

Posting Komentar