Advertisement

Cara Mengubah Foto Menjadi Word

Cara Mengubah Foto Menjadi Word - Haii agan-agan pencari Info Lowongan Kerja Indonesia, Kali ini Cara Mengubah Foto Menjadi Word, Tribun Loker punya beberapa info nih, langsung saja cek infonya di bawah.

Judul Info Lowongan Kerja : Cara Mengubah Foto Menjadi Word

Info Loker Peluang Lain


Cara Mengubah Foto Menjadi Word

 Bagaimana Cara Mengubah Foto Menjadi Word?

Sebagai pelajar, entah itu siswa SD, SMP, SMA atau bahkan Mahasiswa yang sedang menempuh kuliah, kepadatan sehari-hari karena tugas merupakan hal yang wajar. Apalagi semenjak adanya pandemi yang mengubah sistem pembelajaran tatap muka langsung menjadi PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh, istilah kerennya Online Class, tugas berkali-kali lipat lebih banyak dari biasanya. 

Kelas daring memiliki banyak sekali hambatan, mengingat para pengajar yang notabene masih asing dengan teknologi pasti kesusahan, bahkan sekadar untuk menyiapkan ruang google meet. Hal demikian kemudian menjadi alasan keterbatasan penerapan tatap muka daring, belum lagi kalau masalah koneksi, hingga tidak satupun siswa yang hadir dalam pertemuan daring tersebut.

Tugas kemudian menjadi satu-satunya alasan agar siswa/i atau mahasiswa/i tetap belajar walaupun tidak dilakukan tatap muka secara daring atau online. Masalahnya kemudian berasal dari sini, setiap pengajar kemudian memberikan tugas, ada yang memberi dalam takar wajar, hingga yang luar biasa banyak. Sebagai pelajar, tentu kita tidak bisa banyak mengeluh.

Nah, untuk kamu semua yang sedang mengalami padatnya hari-hari karena tugas menumpuk, apalagi sampai tidak bisa menikmati hari minggu, penulis punya sedikit tips untuk kamu yang memiliki tugas mencatat, menyalin atau apapun itu, yang nantinya dikumpulkan lewat word ataupun pdf. Penulis sudah punya solusinya lewat artikel ini! Cara Mengubah Foto Menjadi Word

Cara Mengubah Foto Menjadi Word

Untuk memotong waktu yang panjang untuk menyalin kembali teks dari buku referensi/buku teman/buku catatan yang banyak sekali untuk dipindah ke word bisa memakai berbagai jenis aplikasi untuk android atau bahkan lewat web online. Cara ini pasti akan sangat berguna sekali, tinggal 'ckrik' semua teks di buku bisa diubah ke bentuk teks. Berikut berbagai cara mengubah foto menjadi word:

1. Google Keep

kamu bisa menggunakan Google Keep yang ada di Android loh, tinggal download aja di playstore atau klik link berikut untuk Android dan link berikut untuk IOS. Selanjutnya, kamu tinggal mengikuti langkah dibawah ini, pasti mudah sekali untuk dipahami.

*Langkah berikut untuk pengguna Android, pengguna IOS bisa menyesuaikan.
  1. Buka aplikasi Google Keep (Unduh di Playstore atau Appstore jika belum).
  2. Login menggunakan akun Google jika ditanya.
  3. Setelah berhasil masuk, klik tanda " + " di pojok kanan bawah untuk membuka catatan baru.

  4. Setelah membuka jendela catatan baru, klik tombol " + " lagi di pojok kiri bawah seperti pada gambar.

  5. Nantinya akan muncul berbagai pilihan, mulai dari Take Photo, Add Image, Drawing, Recording dan Checkboxes. Pilih Take Photo atau Add Image (Menyesuaikan Saja).
  6. Foto seperti biasa.
  7. Setelahnya foto akan terunggah seperti berikut dalam catatan, klik foto tersebut.

  8. Pilih tiga titik di pojok kanan atas, pilih Grab Image Text.

  9. Jika teks tidak muncul atau gagal, ulangi langkah 7 (biasanya memang 2x grab).
  10. Taraa teks muncul dibawahnya. Memang terkadang tidak terlalu sempurna, kadang ada typo, tapi tinggal dibetulkan saja, lebih cepat dari pada mengetiknya ulang-kan?

2. Smart Doc Scanner

Smart Doc tersedia di Playstore, hampir sama seperti Google Keep, namun ada beberapa fitur yang kurang lengkap, langsung saja berikut langkahnya:
  1. Download disini, lalu buka Smart Doc Scanner.
  2. Setelah terbuka, klik ikon kamera yang ada di tengah bawah.
  3. Kemudian kamera akan terbuka, arahkan ke dokumen yang ingin di konversi ke word seperti biasa.
  4. Hasilnya bisa terlihat seperti pada gambar, dan klik save.
  5. Selanjutnya sesuaikan bentuk dokumen seperti pada gambar.
  6. Klik ikon OCR, dan pilih bahasa (Sayang sekali belum tersedia bahasa Indonesia, setidaknya hingga artikel ini terbuat).
  7. Selesaii!!
Sayang sekali, bahwa Smart Doc Scanner belum menyediakan bahasa Indonesia untuk fitur OCR-nya. Hal ini tentu juga berpengaruh terhadap hasil scanning, yang mana akan banyak sekali typo jika kita mengunggah gambar dengan teks berbahasa Indonesia.

Jadi, Smart Doc Scanner bisa dipakai dengan baik untuk membaca teks dari buku berbahasa Inggris, atau bahasa-bahasa yang disediakan. Baca juga, "Cara Mengubah Foto Menjadi Word"

3. Text Scanner

Tidak jauh berbeda dari aplikasi-aplikasi sebelumnya, sayangnya disini banyak iklan yang bisa dikatakan 'Spam' sehingga penulis sendiri tidak begitu menyarankan aplikasi ini. Tapi kalau kamu mau mencobanya, berikut langkahnya:
  1. Download dulu ya disini, kemudian buka aplikasi Text Scanner.
  2. Setelah terbuka, tampilan pertama akan langsung seperti kamera, tinggal arahkan ke dokumen atau buku yang mau di salin teks-nya.
  3. Taraaa, sudah selesai.
Minusnya ada beberapa, pertama seperti yang penulis sampaikan, intensitas iklannya terlalu sering ditampilkan. Kedua, hasil scan yang ditampilkan jauh dari kata akurat.

4. Text Fairy

Menurut penulis, Text Fairy memiliki fitur dan akurasi yang baik setelah Google Keep. Langsung saja, berikut cara menggunakan Text Fairy:
  1. Download dulu disini, kemudian buka aplikasi Text Fairy.
  2. Setelah terbuka, akan ada 2 ikon di pojok kanan atas, kamera dan gambar.
  3. Klik ikon kamera, dan tangkap gambar buku/dokumen yang akan disalin seperti biasa.
  4. Selanjutnya sesuaikan area yang akan di-scan.
  5. Pilih bahasa.
  6. Tunggu proses, dan.
  7. Yayy! Selesai!
Hasil dari scan yang aplikasi tawarkan memuaskan, sedikit typo namun masih bisa diperbaiki. Aplikasi ini merupakan rekomendasi kedua yang penulis rekomendasikan setelah Google Keep.

Pdfmall.com

Jika kamu tidak ingin ribet install sana-sini, kamu bisa coba fitur konversi online JPG to WORD yang disediakan oleh pdfmall.com, beneran anti-ribet, check this out!
  1. Pertama, kunjungi link berikut.
  2. Langkah-langkah ada dibawah atau lihat gambar berikut.

Rekomendasi Penulis

Dari banyaknya pilihan yang dapat dengan leluasa kita pilih, bagi penulis sendiri, Google Keep adalah rekomendasi paling pertama, dan yang kedua ialah Text Fairy. Namun, jika kamu ingin mencoba yang lainnya, feel free aja ya, haha.

Terima kasih sudah membaca artikel "Cara Mengubah Foto Menjadi Word"


Demikianlah Artikel Cara Mengubah Foto Menjadi Word

Sekian Info Lokernya Cara Mengubah Foto Menjadi Word, semoga saja bisa bermanfaat untuk agan-agan semua. okay, sekian postingan Info loker Indonesia kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Mengubah Foto Menjadi Word dan artikel ini url permalinknya adalah https://tribuncara.blogspot.com/2020/11/cara-mengubah-foto-menjadi-word.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengubah Foto Menjadi Word"

Posting Komentar