Advertisement

10 Cara Menurunkan Berat Badan Melalui Diet Sehat

10 Cara Menurunkan Berat Badan Melalui Diet Sehat - Haii agan-agan pencari Info Lowongan Kerja Indonesia, Kali ini 10 Cara Menurunkan Berat Badan Melalui Diet Sehat, Tribun Loker punya beberapa info nih, langsung saja cek infonya di bawah.

Judul Info Lowongan Kerja : 10 Cara Menurunkan Berat Badan Melalui Diet Sehat

Info Loker Peluang Lain


10 Cara Menurunkan Berat Badan Melalui Diet Sehat

10 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Sehat

TribunCara - Siapa yang tidak menginginkan tubuh ideal bak Cut Syifa, atau Chris Hemsworth. Impian ini bukan lagi sebuah rahasia umum, setiap orang pasti memimpikannya. Banyak cara yang dilakakuan oleh orang-orang, mulai dari menerapkan hidup sehat, mengganti gaya hidup, diet, hingga menkonsumsi obat-obat relevan. 

10 Cara Menurunkan Berat Badan Melalui Diet Sehat
Source: hellosehat.com
Nyatanya, tidak semua orang mencapai impian mereka, alih-alih mendapatkan tubuh idaman biola spanyol, mereka malah harus tidur diatas ranjang rumah sakit dan memperburuk diri mereka. Hal ini dikarenakan minimnya literasi dan kesadaran masyarakat akan diet. Bermodal selancar di internet tentang 'Cara Menurunkan Berat Badan', dan menelan semuanya mentah-mentah menjadikan mereka sudah tahu semua tentang Diet.

Sebenarnya banyak faktor yang memengaruhi hasil diet yang dilakukan, mulai dari niat, konsistensi, dan gen. Uniknya, ada orang yang tidak berniat diet malah kurus sendiri, ada yang banyak makan tanpa memperhatikan pola makan tidak gemuk-gemuk, ada yang serius dengan niatan 1000 bulan diet hanya untuk menurunkan 3-5 kg berat badan.

Diet memang tidak selalu memberikan hasil yang optimal karena banyaknya konstanta atau variabel diluar kendali. Namun, bukan berarti hal ini tidak untuk dicoba. Nah, disini, tribun cara telah merangkum sebanyak 20 cara menurunkan berat badan dengan diet sehat! 20 diantaranya yakni:

1. Diet Bukan Berarti Menahan Lapar!

Ingat betul-betul ya! Diet bukan berarti menahan lapar loh, yang benar adalah menahan nafsu makan cemilan. Kamu gabakalan sadar berapa banyak kalori dalam sepiring camilan itu sudah kamu makan, mungkin hingga 400 kalori?

Ketika diet, kamu hanya perlu menurunkan porsi makan, bukan jumlah makan. Setidaknya makan 5 kali sehari dengan porsi makan yang cukup (tidak membuat kenyang, atau sangat kenyang) lebih baik daripada makan 3 kali sehari dengan porsi jumbo.

Menahan perut dengan rasa lapar yang hebat hanya akan memperburuk kesehatanmu, diet tidak bertujuan untuk itu. Diet itu bekerja dengan perlahan, tidak terburu-buru apalagi dengan gusar.

2. Mengurangi Porsi Makan, Bukan Frekuensinya

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, kamu cukup mengurangi porsi makannya agar benefitnya bisa terkalkulasi sempurna, setidaknya cara ini dapat menyaring tentang 'apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh, dan apa yang tidak?". Sehingga persentase hasil yang mendekati sempurna bisa lebih besar.

3. Menghindari Tidur atau Rebahan Seusai Makan

Selain menyebabkan berbagai macam penyakit, langsung tidur setelah makan juga akan memperburuk berat badanmu. Apalagi sehabis makan sepiring penuh nasi lengkap dengan indomie.

Karena tubuh kita yang memiliki sistem untuk 'Memproses Saat Membutuhkan' maka dampak buruknya ada pada kesehatan. Secara umum dan garis besar, karbohidrat yang kamu konsumsi itu, diubah menjadi gula oleh tubuh. Dimana gula ini bertempat dalam darah dan nantinya akan diubah lagi menjadi energi saat kamu Membutuhkannya, lalu bagaimana jika kamu tidak membutuhkan energi karena rebahan selama 8 jam?

Jika terlalu banyak, gula dalam darah tidak akan masuk ke dalam sel untuk pembentukan energi, sebagian akan dicadangkan dalam sel otot dan hati. 

Dampak lainnya adalah memperlambat metabolisme tubuh karena kurangnya aktivitas loh, nama lainnya sih, Obesitas.

4. Perbanyak Minum Air Mineral

Sudah, kamu sudah cukup lama dan puas dengan berliter karbonasi atau juga alkohol. Kalau masih ingin mendapatkan hasil dari diet dan mendapatkan tubuh ideal. Hentikan semua minuman itu, tujuan utama dari minum kan untuk memenuh hidrasi tubuh agar tidak dehidrasi. Bukan untuk mempermulus bulatan perut seperti badut.

5. Hindari Makanan atau Minuman Dengan Kandungan Gula Tinggi

Seperti yang sudah disinggung poin pertama, sebisa mungkin hindari kebiasaan nyemil. Kecuali kalian bisa mengontrol untuk membatasi konsumsinya ya. Cukup dengan melihat kandungan gula pada kemasan. Minuman soda sebaiknya kurangi juga, bahkan perlahan tinggalkan, kandungan gula pada minuman soda sangat tinggi.

6. Hindari Konsumsi Garam Berlebihan

Bukan hanya gula, garam juga patut di perhatikan. Hal ini karena sodium yang berlebih dapat menghambat tubuh untuk memproses metabolisme lemak. 

Coba mulai mengurangi penggunaan garam pada telur, sayur atau apapun itu dan lihat hasilnya. Kalau kamu memang suka mengkonsumsi makanan yang salty, coba untuk menggunakan garam laut yang mengandung lebih sedikit sodium. Selain membantu proses metabolisme, tekanan darah kamu juga bisa terkontrol yah. Jadi, satu-dua pulau terlewati.

7. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Makanan kaya serat seperti kacang polong, pisang, pepaya, kubis, pir, jagung, beras merah, alpukat dan brokoli memiliki banyak manfaat bagi tubuh  beberapa diantaranya adalah,
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Mengendalikan gula darah
  • Membantu proses detoksifikasi dalam tubuh
  • Menurunkan kolesterol tinggi
  • Membersihkan saluran pencernaan
  • Melindungi tubuh dari penyakit usus besar
  • Menghindarkan endapan lemak pada pembuluh darah
Manfaat diatas sudah sangat baik untuk dapat menunjang program diet yang kamu jalani. 

8.  Olahraga

Olah raga tidak kalah pentingnya loh dengan komitmen diatas. Program diet kamu bisa mencapai hasil yang mendekati sempurna apabila diiringi dengan berolahraga (dengan benar). Sebenarnya penekanannya adalah pada Aktivitas, dan olahraga adalah kegiatan yang bisa disebut paling tepat jika ditinjau dari tujuannya. 

Kamu mungkin tidak punya waktu untuk berolahraga karena pekerjaan, tapi pekerjaanmu ternyata sangat berkaitan dengan olahraga, seperti 'Pemain Sepak Bola', 'Pemain Basket' dan pekerjaan physic-related lainnya.

Namun, apabila kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga. Kamu bisa mencoba untuk menjaga pola makan, setidaknya pembentuk sampah dalam tubuhmu bisa diminimalisir. Konsultasikan juga dengan dokter ahli terkait penyelesaiannya, karena mungkin sebenarnya bukan waktunya yang tidak ada, tapi semangatnya.

9. Tidur Dengan Cukup

Bukan hanya olahraga (Membakar Lemak) yang membantu suksesnya seseorang memiliki tubuh ideal ya, tidur yang cukup dan teratur sama pentingnya. Tidur adalah cara alami kita dalam merawat tubuh dari rasa lelah. Kurangnya tidur yang cukup juga dapat meningkatkan resiko diabetes loh.

Ada baiknya juga untuk memperhatikan kondisi tubuh melalui jam tidur, karena sesuatu itu tidak ada ruginya, asal dalam porsinya, tidak lebih dan tidak kurang.

10. Diet Vegetarian

Vegetarian mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Untuk lebih jelas mengenai apa itu diet vegan bisa kamu cari sendiri. Namun, secara singkat, diet vegan dibagi menjadi beberapa, yakni:
  • Ovo-vegetarian: tidak mengkonsumsi makanan hewani kecuali telur
  • Lacto-vegetarian: tidak mengkonsumsi makanan hewani selain susu dan produknya
  • Lacto-ovo vegetarian: tidak mengkonsumsi makanan hewani selain telur dan produk susu
  • Pescetarian: tidak mengkonsumsi daging merah dan unggas, tapi mengonsumsi ikan, telur, dan produk susu
  • Flexitarian: menjalani pola makan vegetarian, tapi sesekali mengkonsumsi daging merah, unggas, dan ikan
  • Vegan: tidak mengkonsumsi makanan hewani apa pun tanpa terkecuali
Poin-poin dan penjelasan singkat diatas rasanya sudah cukup untuk menjelaskan. Tetap cari tahu lebih ya tentang diet vegan agar tidak salah penerapan.

Referensi


Kata Kunci: Diet Sehat, Menurunkan Berat Badan.




Demikianlah Artikel 10 Cara Menurunkan Berat Badan Melalui Diet Sehat

Sekian Info Lokernya 10 Cara Menurunkan Berat Badan Melalui Diet Sehat, semoga saja bisa bermanfaat untuk agan-agan semua. okay, sekian postingan Info loker Indonesia kali ini.

Anda sedang membaca artikel 10 Cara Menurunkan Berat Badan Melalui Diet Sehat dan artikel ini url permalinknya adalah https://tribuncara.blogspot.com/2020/01/10-cara-menurunkan-berat-badan-melalui.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

10 Responses to "10 Cara Menurunkan Berat Badan Melalui Diet Sehat"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. saya kan coba dan saya tidak akan menyerah kak...makasih infonya
    terimakasih atas infonya kak,semoga jaya terus dan semakin berkembang dalam berkarya,sekaligus menambahkan wawasan saya
    BTW jangan lupa buat mampir ke website kampus saya
    ISB Atma Luhur

    perkenalkan nama saya muhammad rinaldy

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus