Advertisement

Cara Membuat Podcast Full Tutorial

Cara Membuat Podcast Full Tutorial - Haii agan-agan pencari Info Lowongan Kerja Indonesia, Kali ini Cara Membuat Podcast Full Tutorial, Tribun Loker punya beberapa info nih, langsung saja cek infonya di bawah.

Judul Info Lowongan Kerja : Cara Membuat Podcast Full Tutorial

Info Loker Peluang Lain


Cara Membuat Podcast Full Tutorial

Membuat Podcast Mulai Dari Zero!

TribunCara - Podcast ternyata cukup populer, walapun sebenarnya di Eropa hal ini sudah lama diperbincangkan. Namun, untuk Indonesia sendiri baru meledak 2 tahun belakangan. Banyaknya orang yang mulai mendengarkan podcast adalah, karena kemiripannya dengan radio. Orang-orang menjadi sedikit nosltagia pada era sebelum 90.

Cara Membuat Podcast
Source: www.shoutmeloud.com

Podcast sendiri adalah sebuah konten yang berisi monolog ataupun dialog tentang tema yang sudah ditentukan (Ada juga yang menggunakan video). Intinya hampir sama dengan radio, perbedaannya adalah pada teknisnya. Dimana radio terikat oleh waktu dan jadwal, podcast bisa lebih dinikmati dimanapun dan kapanpun. 

Melihat tren yang seperti ini, podcast dikabarkan akan terus populer. Hal ini membuat generasi 20-an mulai berlomba-lomba dan memelajari cara membuat podcast. Mulai dari apa saja alat yang dibutuhkan untuk memulai podcast, bagaimana prosedurnya pembuatan konten podcast, hingga yang paling penting adalah 'dimana kita akan mengupload podcast?'.

Bagaimana? Tertarik untuk membuat sebuah podcast? Berikut adalah artikelnya


Alat yang Diperlukan Untuk Membuat Podcast

Jika kamu baru memulai dan tidak memiliki cukup modal untuk membuat podcast, tenang saja. Sebenarnya kamu tidak membutuhkan alat dengan harga jutaan rupiah diawal, karena jika hal ini yang ditekankan, kapan kamu akan berkarya?

Gunakan alat yang kamu punya dulu, mau pinjem? Silahkan, pastikan tidak ada yang terbebani ya. 


Mikrofon

Namanya juga konten audio. Tanpa mikrofon, apa yang kita sampaikan? Hehe. Masalah mikrofon tidak perlu risau, pakai ponsel saja sudah bagus kok. Ada earphone? Ada mikrofonnya kan pasti, gunakan saja.

Kita gunakan dulu seadanya, gimana lagi? toh adanya itu. Pelan-pelan, nanti pasti ada hasil dari podcast kamu, sebagian hasilnya nanti bisa kamu sisihkan. Berikut adalah referensi mikrofon yang bisa kamu gunakan.


Rode NT-USB

Mikrofon Rode NT-USB
Source: review.bukalapak.com

     Nama: Rode NT-USB
     Harga: Rp 2.700.000

Mikrofon ini menjadi mirkofon USB terbaik sejak 2014, bahkan hingga saat ini. Kualitas suara yang dihasilkan sangat baik, cocok untuk vocal, podcast, ataupun voiceover. Hal ini dikarenakan pola penangkap suaranya cardioid, yakni menangkap suara dari depan dan sedikit area disamping.

Beli Rode NT-USB Sekarang? Klik Disini!


Audio Technica AT2020USB+

Audio Technica AT2020USB+
Source: review.bukalapak.com

     Nama: Audio Technica AT2020USB+
     Harga: Rp 2.185.000

Cocok untuk kebutuhan vocal, podcast maupun voiceover. Mikrofon ini merupakan lanjutan dari seri sebelumnya, yakni Audio Technica AT2020USB. Kelebihan dari versi plus (+) ini adalah memiliki 44.1/48 kHz 16 bit konversi analog ke digital dan output menuju headphone guna monitoring.

Kondenser mic ini menggunakan diafragma sedang yang menghasilkan suara jernih, dibandingkan diafragma yang lebih besar. Hal inilah yang membuat mikrofon ini cocok untuk digunakan dalam menangkap serta menghasilkan suara yang tinggi.

Tertarik untuk membuat podcast sesegera mungkin?

Beli Audio Technica AT2020USB+ sekarang? Klik Disini!


Blue Yeti

Blue Yeti
Source: review.bukalapak.com

     Nama: Blue Yeti
     Harga: Rp 2.950.000

Mikrofon Blue Yeti ini sangat populer dikalangan streamer juga podcaster, kondensernya sangat praktis, begitu pula penggunaannya, tinggal colok ke komputer dan langsung siap pakai, tak perlu install driver ini-itu. 

Keunggulan lainnya adalah, mikrofon ini memiliki tombol pengendali volume, mute dan jack headphone untuk zero latency monitoring. Selain itu, ada juga tombol untuk merupah pola pengkap suaranya, bisa cardioid, bidirectional dan omnidirectional. Tergantung kebutuhan aja.

Meski harganya yang mahal, namun fitur yang disajikan sangat sepadan untuk kegiatan streaming maupu podcasting kamu. 



Sebelum membeli, kita kembali lagi pada masalah umum, dananya ada atau tidak? Jangan sampai potensi dan ambisi emas dalam dirimu terhalang hanya karena Mikrofon yah. Untung sudah saya siapkan alternatifnya, kamu bisa menggunakan software perekam suara di smartphone kamu ya, berikut referensi dari saya, baik untuk Android maupun IOS.


8 Rekomendasi Aplikasi Perekam Suara Untuk Membuat Podcast Android

  1. Audio Recorder
  2. Easy Voice Recorder
  3. RecForge II
  4. Tape-a-Talk Voice Recorder
  5. Smart Voice Recorder
  6. Samsung Voice Recorder
  7. Titanium Voice Recorder
  8. Voice Recorder Pro


6 Rekomendasi Aplikasi Perekam Suara Untuk Membuat Podcast IOS

  1. Voice Recorder (FREE)
  2. Notes: Supernote Recorder, Note, Photos Notepad
  3. Voice Record Pro
  4. Awesome Note 2 -- All in One Organizer (Paid)
  5. Evernote -- Stay Organized
  6. Recorder & Editor (Paid)


Jadi, tidak ada alasan untuk menunda apa yang sudah kamu impikan yah! Rekomendasi diatas saya kumpulkan dari berbagai sumber, untuk informasi selengkapnya bisa kalian cari sendiri.


Software Editing Audio

Setelah mikrofon, kamu membutuhkan software ataupun aplikasi untuk mengedit suara. Walaupun sebenarnya kamu bisa langsung upload rekaman kamu secara polosan, tapi jika ingin lebih profesional seawal mungkin. Saya sarankan untuk mengeditnya, walau cuma nambahin intro dan ending. hehe.


Audacity

Audacity
Source: en.wikipedia.org

Ini adalah software untuk merekam sekaligus mengedit suara di komputer, bisa digunakan di berbagai perangkat seperti MAC, Windows, maupun Linux. Software ini 100% Gratis! 

Untuk mengunduh Audiocity bisa lewat sini >> https://www.audacityteam.org/download/


Tidak ada laptop atau komputer untuk mengedit? Tenang. Ada juga aplikasi android dan IOS untuk mengedit suara kok. Berikut daftarnya:

6 Aplkasi Mengedit Suara di Android

  1. Timbre
  2. WavePad
  3. Lexis
  4. PocketBand
  5. Media Converter Pro
  6. MP3 Cutter


2 Aplikasi Mengedit Suara di IOS

  1. Lexis
  2. WavePad


Alur Pembuatan Podcast

Setelah alat-alat diatas sudah kamu dapatkan, sekarang adalah saatnya untuk aksi. Tapi, darimana saya harus membuat podcast? Berikut adalah alurnya:
  1. Menentukan Tema Podcast
  2. Menentukan Jenis Podcast
  3. Produksi
  4. Publis!

Masih setengah paham ya? Mari kita ulas.

1. Menentukan Tema Podcast

Sebelum kita membuat podcast, hal pertama yang kita lakukan adalah menentukan tema-nya. Apa itu tema dalam podcast? Sama seperti topik. Fungsinya adalah menjaga dialog diskusi meruncing atau terfokus.

Gunakan topik yang menggambarkan apa yang kamu kuasai, atau apa yang sedang kamu pelajari. Dengan begitu, selain menjadi Podcaster hebat, kamu juga bisa mengasah pengetahuan mu.

2. Menentukan Jenis Podcast

Maksud saya disini adalah, podcast kamu itu monolog, dialog diskusi, wawancara atau tanya jawab. Ini penting ya untuk ditentukan diawal, karena akan berkaitan dengan pembuatan script-nya.

Atau bisa juga campuran, maksudnya, ada bagian monolog, dialog, wawancara ataupun tanya jawab. Jadi ada waktunya sendiri-sendiri namun masih dalam 1 acara.

3. Produksi

Untuk proses pembuatannya akan saya jelaskan dalam bagian yang berbeda di bawah.

4. Publish!

Setelah pembuatannya selesai, podcast yang kamu buat bisa kamu publish di berbagai platform. Berikut adalah platformnya,
  1. Spotify
  2. iTunes
  3. Soundcloud
  4. Anchor
  5. AudioBoom
  6. Backtracks
  7. Blubbry
  8. Castos


Cara Membuat Podcast

Akhirnya sampai pada proses produksi, Yeay! Nah, sebelum mulai untuk merekam, berikut adalah alurnya:
  1. Membuat Kerangka Podcast (Setelah Tema/Topik)
  2. Menentukan Intro dan Outro
  3. Merekam
  4. Mengedit Audio
  5. Membuat Cover


1. Membuat Kerangka Podcast

Jika tema tadi berguna untuk memberikan gambaran terfokus tentang apa yang akan di bahas, maka rangka disini berfungsi untuk memberikan arahan agar tidak keluar dari jalur.

Jadi, kamu harus membuat poin-poin yang akan dibahas satu-satu sehingga kamu tidak bingung di tengah pembahasan gara-gara lupa.

Kamu bisa menggunakan Dynalist di smartphone atau dynalist.io untuk web.

2. Menentukan Intro dan Outro

Sudah jelas kan untuk menentukan sapaan di awal dan juga akhir. Apa mungkin kamu nantinya tiba-tiba masuk dalam tahap penjelasan? 

Setidaknya kamu butuh basa-basi dulu, pendengar podcast bukan orang yang kaku dan formal kok. Mereka malah senang monolog atau dialog yang terkesan santai.

3. Merekam

Sekarang merekam, setelah script yang kamu butuhkan sebelum rekaman sudah siap, segera lakukan rekaman. Jika kamu baru, pasti banyak pantangan lagi saat rekaman seperti gugup, kurang percaya diri dengan suara, dan pantangan-pantangan lainnya.

Tenang saja, saya ada tips buat kalian.

  1. Saat rekaman, jangan pernah menghentikan rekamannya. Kecuali sudah selesai.
  2. Kalau salah bicara atau apapun itu, berhenti bicara sejenak. Kemudian ulangi bagian salah lagi. Nantinya saat proses editing, kamu bisa memotong ucapan yang salah tadi.
  3. Tidak perlu memikirkan suara kalian terdengar buruk, itu hanya kalian tidak terbiasa.


4. Mengedit Audio

Apabila ingin menambah intro atau outro dari sound effect, disinilah waktunya. Atau megedit ucapan yang salah? Disini juga. Kualitas suara juga bisa ditingkatkan loh dengan advance skill editing. Baca tutornya aja di youtube, pasti ada.

5. Membuat Cover

Buat cover untuk podcast kamu, ukurannya 1:1 atau bisa 1400px x 1400px.


Selesai!


Kata Kunci: Cara Membuat Podcast, Membuat Podcast Spotify, Membuat Podcast Android, Membuat Podcast iPhone.



Demikianlah Artikel Cara Membuat Podcast Full Tutorial

Sekian Info Lokernya Cara Membuat Podcast Full Tutorial, semoga saja bisa bermanfaat untuk agan-agan semua. okay, sekian postingan Info loker Indonesia kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Membuat Podcast Full Tutorial dan artikel ini url permalinknya adalah https://tribuncara.blogspot.com/2020/01/cara-membuat-podcast-tutorial-lengkap.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

8 Responses to "Cara Membuat Podcast Full Tutorial"

  1. Harga mikrofonnya selangit wkwk..
    Yang harga di bawah 1 juta gaada ya?

    BalasHapus
  2. Ada, bisa di lihat dulu Boya By-M1 harganya di BukaLapak antara 155 - 165 ribu an

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Membantu sekali artikelnya untuk pemula

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus