Advertisement

Contoh Daftar Riwayat Hidup Modern Kesukaan HRD

Contoh Daftar Riwayat Hidup Modern Kesukaan HRD - Haii agan-agan pencari Info Lowongan Kerja Indonesia, Kali ini Contoh Daftar Riwayat Hidup Modern Kesukaan HRD, Tribun Loker punya beberapa info nih, langsung saja cek infonya di bawah.

Judul Info Lowongan Kerja : Contoh Daftar Riwayat Hidup Modern Kesukaan HRD

Info Loker Peluang Lain


Contoh Daftar Riwayat Hidup Modern Kesukaan HRD

Contoh Daftar Riwayat Hidup Modern Kesukaan HRD

Contoh Daftar Riwayat Hidup. Daftar riwayat hidup adalah sebuah dokumen yang selalu dilampirkan saat aplikasi pekerjaan ke suatu perusahaan. Dokumen ini adalah data singkat atas data pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, kemampuan tambahan yang liniear dengan jabatan yang diinginkan. 

Setiap perekrutan, HRD tidak hanya menerima 1 atau 2 daftar Riwayat hidup, namun jauh lebih banyak dari yang bisa kamu bayangkan. Hal ini mengindikasikan ketatnya persaingan kerja, hingga terkadang, tidak jarang daftar Riwayat hidup yang memiliki tampilan secara visual kurang menarik langsung berakhir di tempat sampah. Hal ini tentu dikarenakan persaingan ketat oleh banyaknya pelamar kerja, yang tidak seimbang dengan jumlah lapangan kerja.

Daftar riwayat hidup menjadi salah satu dokumen wajib pengantar pelamar, hal ini dikarenakan semua ringkasan kehidupan pelamar cukup berupa data diri dan riwayat pendidikan serta pekerjaan sebelumnya (jika ada) beserta beberapa soft skill yang bisa ditambahkan. Sayangnya, banyak yang belum mengerti bahwa membuat daftar riwayat hidup tidak bisa serta merta dan ada aturan tertentu yang memang tidak ditetapkan, namun tetap memiliki bobot yang besar. Oleh karenanya, penulis kemudian mendapatkan inspirasi artikel berjudul "Contoh Daftar Riwayat Hidup Modern Kesukaan HRD".

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Berikut ini beberapa contoh desain daftar riwayat hidup yang cukup menarik menurut penulis, dan bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Membuat/Menentukan Desain Daftar Riwayat Hidup yang Menarik Bagi HRD

Kemudian, muncul pertanyaan tentang bagaimanakah daftar riwayat hidup yang menarik agar dilirik HRD?  Penulis ingatkan kembali, bahwa HRD atau rekruter manapun pasti menerima banyak surat lamaran. Oleh karena itu, kamu harus bisa memastikan daftar riwayat hidup yang sudah kamu persiapkan cukup menarik baiks secara visual maupun isinya, sehingga mendapat perhatian dari HRD atau rekruter.

Membuat Daftar Riwayat Hidup Langsung dengan Builder Online Smallseotools

Design Studio dari SmallSeoTools telah memberikan builder online yang gratis untuk membuat daftar riwayat hidup. Selain mudah, template yang mereka sediakan juga menarik untuk dipandang, dan informasi terbaiknya adalah, ini 100% free to use!

Contoh Template Siap Pakai

Tampilan Builder

Kelebihan dan Kekurangan:

Kelebihannya, kamu tidak perlu susah-susah memikirkan ide desain ataupun bingung cara membuatnya. Design Studio telah memberikan template daftar riwayat hidup, kamu hanya tinggal memilih mana yang menurutmu paling cocok dan langsung mengubah atau menambah teks di dalamnya, langsung secara online.

Kekurangannya,  template yang disediakan masih belum terlalu banyak, sehingga desain yang bisa kamu pilih juga terbatas. Hingga artikel ini ditulis (2 Des, 2020) situs ini memiliki kurang dari 20 template, harapan dari penulis sendiri, semoga desain yang disediakan bisa lebih banyak dan bervariasi.

Langkah Pembuatan

  1. Kunjungi DesignStudio, atau klik link ini.
  2. Di halaman awal, sudah tersedia pilihan-pilihan template, dan ketika mouse kamu hover atau arahkan ke template tersebut maka akan muncul 2 pilihan (Use This Template dan Preview).
  3. Cari template yang menurutmu menarik melalui preview, tidak perlu terburu-buru, jika sudah merasa menemukan satu yang cocok, klik Use This Template.
  4. Template kamu sudah siap, tinggal ganti atau menambah teks di dalamnya dengan klik 2x pada bagian yang ingin di edit.
  5. Nantinya ketika selesai membuatnya, ada tombol download di bagian pojok kanan atas.

Mempersiapkan Daftar Riwayat Hidup yang Menarik

Adanya daftar riwayat hidup akan menjadi sumber pertimbangan HRD untuk kualifikasi tahap penerimaan pelamar. Sebagai pelamar, daftar riwayat hidup tidak boleh dibuat dengan asal-asalan, daftar riwayat hidup harus rapi, menarik dan kreatif. Nah, jika kamu

Data yang dimasukkan dalam daftar riwayat hidup tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan. Bagi mereka yang baru pertama kali membuat, biasanya mereka akan kesulitan karena tidak tahu bahwa ada data-data tertentu yang harus dan tidak boleh dimasukkan. Nah, jika kamu merupakan pelamar baru yang ingin memperbesar peluang diterima di tempat pekerjaan yang dituju, ataupun pelamar yang sering ditolak sana-sini, mungkin beberapa tips berikut layak kamu perhatikan.

*Selanjutnya kalimat Daftar Riwayat Hidup kita ganti dengan kata 'CV'.

1. Pelajari Perusahaan yang Akan Dilamar

Kamu perlu mencari informasi lebih dalam terkait perusahaan yang hendak kamu lamar. Job research sangat penting karena daftar riwayat hidup yang kamu lampirkanlah yang akan menjadi awal HRD untuk mempertimbangkan apakah kamu lolos administrasi atau tidak. 

Perhatikan setiap detail persyaratan yang telah ditentukan. Kamu juga perlu memahami profil perusahaan mulai dari visi, misi, dan etos kerja karyawan di perusahaan agar kamu bisa informasi penting apa saja yang bisa kamu masukkan sesuai dari informasi di perusahaan tersebut. 

 2. Data-data yang Wajib Dimuat dalam CV

Data yang wajib ada dalam daftar riwayat hidup kamu diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Identitas diri yang berisi data diri lengkap (nama, tempat tanggal lahir, domisili) beserta informasi kontak seperti nomor telepon, email, dan alamat
  2. Personality yang memuat informasi mengenai gambaran karakter diri
  3. Pendidikan yang berisi informasi riwayat Pendidikan menengah (SMP/SMA) hingga akhir, beserta IPK dan jurusan yang telah ditempuh
  4. Ketrampilan penunjang (softskill)
  5. Pengalaman kerja sebelum melamar pekerjaan yang baru (jika ada)
  6. Pelatihan atau training apa saja yang pernah diikuti dalam 3 tahun t erakhir (jika ada)
  7. Gunakan desain daftar riwayat hidup yang menarik dan kreatif

 Tips Membuat dan Mengisi Data CV

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu perhatikan sebelum membuat CV,

1. Tulis Daftar Riwayat Hidup Dalam Bahasa Inggris Jika Memungkinkan

Ada baiknya kamu menuliskan contoh CV menarik menggunakan bahasa Inggris apabila mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan internasional. Meski tidak diminta, hal ini bisa jadi poin lebih untuk kamu.

Namun, tetap perhatikan untuk tidak menjiplak dan menggunakan penerjemah dalam membuat daftar riwayat hidup, hal ini karena daftar riwayat hidup yang kamu lampirkan dengan bahasa Inggris akan mempengaruhi ekspektasi pewawancara mengenai kemampuan berbahasa Inggris kamu. 

2. Tidak Membuat CV dengan Format yang Lebay

Setiap orang pasti ingin membuat desain daftar riwayat hidup yang kreatif melalui kreasi dengan format dan desain yang kekinian, namun jangan sampai alih-alih simpel dan keren, jatuhnya malah lebay. Sebisa mungkin untu menghindari penggunaan desain yang berlebihan (dibaca:alay) serta gambar-gambar yang tidak penting dan malah memenuhi kertas.

3. Membuat CV dengan Rumus KISS

KISS, singkatan dari Keep It Short and Simple. Apabila kamu punya banyak pengalaman baik di organisasi ataupun kegiatan lain misalnya, kamu tidak perlu mencantumkan semuanya. Kamu cukup mencantumkan beberapa kegiatan terbaru (3-5 kegiatan) atau beberapa (2-3) kegiatan besar dimana kamu memiliki peran penting dalam kegiatan tersebut.

Data yang terlalu banyak dan berlebihan bukannya membuat HRD menjadi terkesan, alih-alih terkesan justru CV kamu terkesan ingin pamer.

4. Menyusun CV Dengan Tampilan Unik

Berdasar 2 poin yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu wajib menghindari desain yang norak jika tidak ingin CV kamu berakhir sia-sia di tong sampah, tetap perhatikan bentuk KISS alias "Keep It Short and Simple", penulis bisa merefrensikan gaya flat yang kini sedang tren dan lebih digemari secara visual. 

Kesalahan yang umum adalah CV dibuat berupa daftar yang monoton. Padahal, paling pertama yang akan dilirik oleh HRD atau rekruter adalah tampilannya. Warna latar yang elegan dapat menjadi pilihan. Selain itu, penggunaan diagram ataupun rating dalam menyajikan poin penguasaan skill bisa memperindah tampilan CV kamu.

Kamu tentu bisa menggunakan contoh daftar riwayat hidup yang sudah penulis tambahkan di awal artikel.

5. Memperhatikan Informasi Lowongan

Cari tahu informasi lowongan yang tersedia lebih dalam, misalnya seputar perusahaan, posisi yang tersedia, hingga kualifikasi kebutuhan dari posisi yang ditawarkan. Hal ini bertujuan agar informasi yang kamu masukkan dalam CV dapat berguna bagi posisi yang sedang dicari.

6. Membuat Isi dari CV Sesuai dengan Fakta

Jangan pernah mengarang indah dalam membuat CV agar kamu terlihat "Wah" di mata HRD. Pastikan kamu memasukkan data faktual berdasarkan kemampuan dan pengalaman yang telah kamu lalui. Jangan pernah menambahkan keahlian atau pengalaman fiktif, misalnya kamu tidak bisa berbahasa Inggris, namun di CV kamu cantumkan memiliki keahlian berbahasa Inggris.

Ketika kamu tidak jujur dalam membuat data-data dalam CV, kamu sendiri yang nantinya akan kebingungan saat diminta untuk menunjukkan keahlianmu ketika tes wawancara. Ingat!

7. Menyertakan Kontak Referensi

Pastikan kamu sudah meminta izin pada orang yang nanti nomornya akan dicantumkan sebagai kontak referensi. Hal ini diharapkan tidak terjadi miskomunikasi atau kesalahpahaman informasi antara pihak HRD atau rekruter dengan orang yang kontaknya kamu cantumkan.

8. Memberikan Informasi Terkait Sosial Media yang Dimiliki

Kamu bisa mencantumkan informasi sosial media mulai dari akun Instagram, LinkedIn atau Facebook dll. Melalui sosial media, HRD atau rekruter bisa menilai kepribadian kamu lebih dalam, bukan hanya dari data CV. Pastikan kamu sudah mempersiapkan halaman sosial media agar lebih menarik dan tidak ada hal-hal janggal (negatif) yang tersisa di dalamnya, dimana nantinya malah memberi citra buruk terhadap kamu.

Hal ini tentu merupakan satu dari sekian cara membuat CV yang menarik. Gunanya untuk memberikan gambaran baik tentang kepribadian dan keseharianmu, bukan sebaliknya. Tips ini bisa jadi pertimbangan HRD atau rekruter selain hanya dari CV yang kamu lampirkan.

9. Memahami Hal-Hal yang Perlu Ada Dalam CV

Sebaiknya CV dibuat secara ringkas dan padat, namun tetap informatif. Inilah mengapa, perlu diperhatikan lagi, informasi apa saja harusnya dimasukkan dan tidak.

Demikianlah cara membuat CV menarik. Sekali lagi, yang paling umum dan mendasar, gunakan desain minimal dan modern untuk menarik perhatian HRD atau rekruter, agar CV kamu bisa bertahan lebih lanjut dan tidak segera berakhir di tempat sampah. Pastikan juga data yang kamu himpun untuk dimasukkan ke dalam CV merupakan data faktual, bukan fiktif. 

Sekian dari penulis, semoga artikel "Contoh Daftar Riwayat Hidup" Modern Kesukaan HRD" ini bisa bermanfaat, hehe.



Demikianlah Artikel Contoh Daftar Riwayat Hidup Modern Kesukaan HRD

Sekian Info Lokernya Contoh Daftar Riwayat Hidup Modern Kesukaan HRD, semoga saja bisa bermanfaat untuk agan-agan semua. okay, sekian postingan Info loker Indonesia kali ini.

Anda sedang membaca artikel Contoh Daftar Riwayat Hidup Modern Kesukaan HRD dan artikel ini url permalinknya adalah https://tribuncara.blogspot.com/2020/12/contoh-daftar-riwayat-hidup.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

2 Responses to "Contoh Daftar Riwayat Hidup Modern Kesukaan HRD"

  1. Terima kasih atas rekomendasinya lewat DesignStudio, contoh daftar riwayat hidup yang ditunjukkan juga kekinian, cocoklah pokoknya. Sip!

    BalasHapus
  2. Contoh daftar riwayat hidupnya kurang banyak, tapi sudah jauh lebih baik dari yang ditawarkan web-web sebelah, semangat!!

    BalasHapus