Advertisement

Cara Membuat dan Contoh Teks Prosedur

Cara Membuat dan Contoh Teks Prosedur - Haii agan-agan pencari Info Lowongan Kerja Indonesia, Kali ini Cara Membuat dan Contoh Teks Prosedur, Tribun Loker punya beberapa info nih, langsung saja cek infonya di bawah.

Judul Info Lowongan Kerja : Cara Membuat dan Contoh Teks Prosedur

Info Loker Peluang Lain


Cara Membuat dan Contoh Teks Prosedur


Bagaimana Contoh Teks Prosedur yang Baik?

Tribun Cara, Powered by META & PenaAlt - Dalam pelajaran bahasa Indonesia, ada banyak jenis teks yang dipelajari diantaranya teks narasi, teks deskripsi, teks eksposisi, teks eksplanasi, teks persuasi, teks argumentasi, dan teks prosedur. Tiap teks tersebut memiliki manfaat dan tujuan yang berbeda.



Salah satu jenis teks yang akan dibahas dalam artikel ini yaitu teks prosedur. Teks prosedur biasanya mengandung cara, tips, atau tutorial dalam melakukan sesuatu sehingga menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan.

Teks prosedur merupakan teks yang mudah untuk dipahami, karena berkaitan dengan kegiatan sehari-hari, misalnya saat kita mencuci pakaian, memasak, berkebun, merakit sesuatu, hingga menyusun puzzle.

Teks prosedur tidak lain dan tidak bukan adalah sebuah tindakan yang memiliki urutan untuk menyelesaikan suatu tindakan. Ulasan tentang pengertian, jenis, cara membuat teks prosedur dan contoh teks prosedur bisa disimak dalam artikel berikut ini.

Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur memiliki pengertian yaitu teks yang memuat tahapan atau langkah-langkah yang harus ditempuh agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan mencapai tujuan yang diinginkan. Langkah-langkah dalam teks prosedur harus ditulis secara berurutan agar bisa dipahami oleh pembacanya.
Adanya teks prosedur memiliki tujuan sebagai petunjuk untuk melakukan sesuatu yang tahap pengerjaannya dijelaskan menggunakan prosedur yang sudah ditentukan. Teks prosedur memiliki ciri khas dari segi isi maupun bahasa yang digunakannya.

Ciri-ciri Teks Prosedur

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, teks prosedur memiliki ciri khas yang dilihat dari segi isi yaitu panduan langkah, aturan, dan batasan dalam melakukan suatu kegiatan. Untuk lebih jelasnya, ciri teks prosedur akan dijelaskan dalam penjelasan berikut. Dengan mempelajari ciri-cirinya akan memudahkan kita dalam cara membuat teks prosedur.

  1. Susunan teks prosedur sangat sistematis dan detail
  2. Agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan, teks prosedur disusun secara sistematis. Setiap langkah dalam teks prosedur ditulis secara urut dan dijelaskan dengan detail agar pembaca bisa memahami langkah yang harus dilakukan.
  3. Informasi yang disajikan bersifat objektif
  4. Informasi yang disajikan dalam teks prosedur tentunya berisi informasi yang bermanfaat bagi banyak orang. Informasi yang disajikan telah terbukti berdasarkan hasil analisis dan percobaan, bukan dari omong kosong penulis saja.
  5. Langkah yang disajikan bersifat objektif
  6. Teks prosedur tersusun dalam poin-poin yang berisi urutan langkah. Namun, ada juga teks prosedur yang disusun dalam bentuk paragraf menyerupai narasi.
  7. Berisi kalimat saran dan larangan
  8. Teks prosedur biasanya mengandung kalimat saran yang berfungsi untuk mengarah seseorang dalam melakukan sesuatu agar memperoleh hasil yang baik. Kalimat larangan bertujuan agar seseorang tidak melakukan sesuatu yang dilarang dalam teks tersebut sehingga langkahnya tidak salah.
  9. Biasanya teks prosedur menggunakan urutan atau angka
  10. Walaupun tidak semua teks prosedur disusun menggunakan urutan angka, namun kebanyakan teks prosedur dibuat dengan urutan. Jika teks prosedur disusun dalam paragraf, biasanya urutan tahapan dituliskan dengan kata “pertama”, “kedua”, dan seterusnya. cara membuat teks prosedur yang baik harus melihat pada skala numerik prioritasnya.

Struktur Teks Prosedur 

Setiap teks bacaan memiliki struktur teks yang berbeda satu sama lain. Teks prosedur mudah untuk dikenali karena teks prosedur memiliki struktur sebagai berikut ini.

  • Tujuan, bagian ini berisikan hasil akhir yang ingin dicapai ketika selesai melakukan semua langkah yang dituliskan.
  • Material, berisi alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan. Biasanya disertai dengan jumlah dan ukurannya. Namun, tidak semua teks prosedur memiliki  bagian material ini.
  • Langkah atau tahapan, bagian ini berisikan hal-hal yang harus dilakukan pembaca secara berurutan agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan

Jenis-jenis dan Cara Membuat Teks Prosedur 

Teks prosedur ini biasanya berisikan langkah-langkah sederhana dalam 2-4 langkah saja. Berikut ini adalah contoh teks prosedur sederhana dan cara membuat teks prosedur sederhana.

     Cara Membuat Nasi Goreng

a. Alat dan Bahan
Alat  yang diperlukan untuk membuat nasi goreng yaitu:

  1. kompor 
  2. wajan
  3. spatula, dan
  4. piring.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi goreng yaitu:

  1. 1 piring nasi putih
  2. 3 siung bawah merah
  3. 2 siung bawang putih
  4. 3 buah cabai
  5. 1 butir telur
  6. kecap
  7. garam
  8. bakso, dan sosis.

b. Cara Pembuatan

  • Siapkan alat dan bahan. Buat bumbu nasi goreng dengan cara menghaluskan bawang merah, bawang putih, cabai, dan garam
  • Nyalakan kompor, beri wajan dengan sedikit minyak goreng, tunggu sampai minyak panas lalu masukkan bumbu yang telah dihaluskan ke dalam wajan, tumis hingga harum
  • Masukkan telur, bakso, dan sosis yang sudah diiris, lalu terakhir masukkan nasi dan tambahkan kecap serta penyedap rasa. Aduk hingga merata dan koreksi rasanya supaya lebih lezat
  • Tuang nasi goreng dalam piring saji, beri hiasan timun dan tomat serta tambahkan kerupuk agar lebih nikmat. Nasi goreng siap untuk disajikan.

Teks prosedur ini berisikan langkah yang cukup banyak untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Berikut ini adalah contoh teks prosedur kompleks.

     Cara Membuat Akta Kelahiran

Bagi orang tua yang baru memiliki anak, perlu untuk membuatkan akta kelahiran yang berfungsi sebagai bukti sah terkait status anak yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan SIpil. Berikut ini adalah cara untuk membuat akte kelahiran.

  • Siapkan dokumen yang dibutuhkan sebagai persyaratan dalam pembuatan akte kelahiran, diantaranya: FC akta nikah, FC Kartu Keluarga, KTP orang tua, KTP saksi pencatatan sipil, surat keterangan lahir, serta formulir yang berisi pelaporan dan permohonan kelahiran
  • Kunjungi loket pencatatan sipil untuk penyerahan berkas persyaratan bila seluruh persyaratan telah terpenuhi. Pengurusan dapat selesai dalam waktu 2 hari jika persyaratan  dan datatelah sesuai dan tidak ada permasalahan
  • Ambil bukti penerimaan berkas dan tandatangani register akta kelahiran. Akta kelahiran sudah dapat diambil dan dibawa pulang.


Teks ini menjelaskan setiap langkah yang bisa dilakukan dengan tidak urut dan bisa diubah, namun hasil cara membuat teks prosedur akhirnya akan tetap sama. Misalnya teks prosedur yang menjelaskan tentang cara memasak mie instan, ketika merebus mie bisa dilakukan dengan memasukkan bumbu sekaligus atau bumbu dimasukkan ke dalam mangkuk saji. Berikut ini adalah contoh teks prosedur protokol.

     Cara Koneksi Komputer dengan Internet Menggunakan Modem Eksternal

Untuk mendapatkan akses internet ketika menggunakan komputer salah satunya adalah dengan menggunakan modem eksternal. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengkoneksikan komputer dengan internet menggunakan modem eksternal.

  • Siapkan seperangkan komputer yang akan dikoneksikan dnegan menggunakan modem eksternal. Pastikan modem dalam keadaan baik dan terisi pulsa. 
  • Pastikan komputer dalam kondisi menyala, colokkan modem pada port dan komputer akan melakukan deteksi keberadaan modem secara otomatis.
  • Program modem akan muncul apabila sudah terdeteksi dan bisa langsung menyambungkan komputer ke internet. Kamu perlu menginstal program modem terlebih dahulu jika belum menginstallnya
  • Cara install program modemnya yaitu buka modem, klik pada setup installer modem, dan tungu sampai proses pemasangan selesai dan program modem bisa digunakan. Buka program modem, lalu klik Connect untuk menyambungkan internet ke komputer.
  • Apabila proses penyambungan telah berhasil, kamu bisa langsung menggunakan internet melalui komputer.

Sekian pembahasan mengenai teks prosedur dan contoh teks prosedur. Semoga pembahasan ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan kalian semua.



Demikianlah Artikel Cara Membuat dan Contoh Teks Prosedur

Sekian Info Lokernya Cara Membuat dan Contoh Teks Prosedur, semoga saja bisa bermanfaat untuk agan-agan semua. okay, sekian postingan Info loker Indonesia kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Membuat dan Contoh Teks Prosedur dan artikel ini url permalinknya adalah https://tribuncara.blogspot.com/2020/08/contoh-teks-prosedur-kompleks.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

2 Responses to "Cara Membuat dan Contoh Teks Prosedur"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Terimakasi contoh teks prosedur kompleks nya, krna mmbtnu tgs mapel b indo saya

    BalasHapus