Advertisement

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cantik dan Mahal

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cantik dan Mahal - Haii agan-agan pencari Info Lowongan Kerja Indonesia, Kali ini Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cantik dan Mahal, Tribun Loker punya beberapa info nih, langsung saja cek infonya di bawah.

Judul Info Lowongan Kerja : Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cantik dan Mahal

Info Loker Peluang Lain


Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cantik dan Mahal

Cara Merawat  Ikan Cupang


Tribun Cara, Powered by META, written by Baskoro - Ikan cupang cukup digemari oleh beragam kalangan masyarakat. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa tidak luput dari kegemaran memelihara ikan yang satu ini.

Bukan hanya penggemarnya yang beragam, alasannya juga beragam. Ada yang memelihara sekadar hobby, ada yang mengumpulkannya sebagai bagian dari koleksi, ada yang mengikutkannya dalam kontes atau perlombaan, hingga ada yang meraup keuntungan jutaan rupiah dari penjualan ikan ini.


Meski banyak penggemarnya, tapi banyak juga yang tidak tahu cara merawat ikan cupang. Sebagian besar masyarakat tidak tahu bahwa nilai estetik dari ikan ini bisa berharga jutaan jika dijual pada orang yang tepat, oleh karenanya perawatannya juga tidak boleh sembarangan untuk menjaga dan meningkatka kualitas estetik fisik dari ikan tersebut.

Oleh karena hal tersebut, penulis kemudian mendapatkan sebuah topik untuk membahas, cara merawat ikan cupang / cara merawat ikan cupang tersebut. Kebetulan sekali, penulis memiliki narasumber yang sering dan langsung berinteraksi dengan ikan cupang sehari-hari.

Saya, Baskoro Herlambang, seorang teman kuliah penulis yang memiliki blog ini diminta untuk membagikan informasi tentang ikan ini, khususnya informasi tentang "Bagaimana Cara Merawat Ikan Cupang", Berikut pembahasannya.

Apakah Sulit Memelihara Ikan Cupang?

Memelihara ikan cupang sebenarnya tidak terlalu sulit. Berbeda dengan ikan yang lainnya yang memerlukan oksigen terlarut menggunakan pompa udara/aerator, ikan ini dapat hidup tanpa menggunakan aerator karena mempunyai sistem pernafasan labirin yang memungkinkan cupang mengambil oksigen langsung dari permukaan air. berkat sistem pernafasannya ini, cupang mampu hidup di air dengan kadar oksigen terlarut yang rendah. Selain itu, memelihara ikan ini juga tidak memerlukan banyak space (tempat) karena ikan ini dapat dipelihara dalam sebuah toples dengan volume 2 liter.

Ada beberapa jenis ikan cupang. Diantaranya ada yang memerlukan pelakuan khusus. Untuk jenis cupang hias halfmoon dan crowntail yang memiliki ekor panjang dan lebar ini perlu perawatan khusus agar ekor dan siripnya tetap dalam kondisi yang baik. mengganti air secara rutin hingga pemberian pakan berkualitas dapat dilakukan untuk menjaga ekor serta sirip ikan agar tetap bagus.

Untuk jenis wildbetta seperti imbelis, smaradigna dll yang cenderung memiliki karakteristik yang agresif sebaiknya melengkapi bagian atas wadah ikan dengan penutup agar ikan tidak melompat keluar dari wadah. penutup yang digunakan yaitu berupa kain agar ikan tetap bisa bernafas dan menghindari benturan keras yang dapat melukai ikan yang mencoba melompat keluar.



Cara Merawat Ikan Cupang?


1. Akuarium Atau Toples

Siapkan wadah untuk merawat Ikan Cupang, dapat berupa akuarium atau tempat alakadarnya namun tetap layak seperti toples. Tempatkan satu ikan di tiap satu wadah. Hindari peletakan 2 atau lebih ikan cupang dalam satu wadah karena dapat menyebabkan sirip serta ekor ikan rusak bahkan ikan bisa mati akibat perkelahian.

2. Air yang Baik

Gunakan air yang baik. Bagaimanakah air yang baik itu? Air yang baik disarankan menggunakan air sumur atau air yang sudah diendapkan dan memiliki ph netral. Hindari menggunakan air PDAM karena mengandung chlorin yang dapat memengaruhi kehidupan sang ikan.

3. Makan Secukupnya

Beri makan ikan secukupnya secara rutin. Dapat diberi makan sebanyak 2-3 kali sehari. Pakan cupang dapat berupa:
  1. Pelet
  2. Cacing sutra
  3. Cacing darah
  4. Daphnia
  5. Moina

Pakan diatas cukup mudah untuk di dapatkan, pada marketplace Facebook juga banyak yang jual, atau setidaknya ikuti grup-grup di Facebook yang membahas ikan cupang dan tanyakan juga bagaimana cara merawat ikan cupang.

4. Jaga Air Tetap Layak Untuk Ikan Cupang

Ganti air secara rutin paling lama sekali dalam seminggu atau dapat menyifon (menyedot kotoran) yang ada di dasar wadah. Air yang kotor dan keruh sangat memengaruhi kehidupan dan perkembangan ikan. Menjaga airnya tetap bersih akan membuat ikan senang dan tumbuh dengan lebih baik dibanding di ikan keruh.

5. Bersihkan Wadah dan Aksesoris

Bersihkan wadahnya secara rutin, paling lama seminggu sekali atau sekiranya sudah terlalu kotor. Cukup bersihkan lendir-lendir dan kotorannya, gunakan spons dan jangan gunakan sabun atau deterjen karena dapat meracuni ikan. Bersihkan juga aksesoris yang ada di akuarium atau wadahnya seperti batu-batu dan yang lainnya.


Kata Kunci: Cara Merawat Ikan Cupang.



Demikianlah Artikel Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cantik dan Mahal

Sekian Info Lokernya Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cantik dan Mahal, semoga saja bisa bermanfaat untuk agan-agan semua. okay, sekian postingan Info loker Indonesia kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cantik dan Mahal dan artikel ini url permalinknya adalah https://tribuncara.blogspot.com/2020/08/cara-merawat-ikan-cupang.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

2 Responses to "Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cantik dan Mahal"