Advertisement

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot - Haii agan-agan pencari Info Lowongan Kerja Indonesia, Kali ini Cara Mengatasi Laptop Lemot, Tribun Loker punya beberapa info nih, langsung saja cek infonya di bawah.

Judul Info Lowongan Kerja : Cara Mengatasi Laptop Lemot

Info Loker Peluang Lain


Cara Mengatasi Laptop Lemot


Mengatasi Laptop Lemot Windows 7, 8 & 10


Tribun Cara, Powered by META & PenaAlt - Laptop lemot kadang membuat kita berada dalam masalah, padahal saat itu kita juga sedang dilanda masalah. Mulai dari dikejar deadline tugas, garapan freelance, atau pekerjaan lainnya yang bergantung pada kelangsungan laptop.

Update! Cara Terampuh Cek Bagian 2. Bersihkan temp dan %temp% Di Bawah!

Penulis mengalami hal yang sama, menggunakan ASUS A456U dengan 4 GB RAM & 1 TB HDD tidaklah memberikan kepuasan penggunaan yang baik, apalagi spek dibawahnya. Hal ini kemudian membuat penulis mencari solusi kesana-kemari, alhasil dari sekian banyak tutorial, beberapa diantaranya bekerja sangat-sangat maksimal. Laptop-pun kemudian terasa lanjay (lancar jaya) dari sebelumya.


Solusi-solusi tersebut berkaitan dengan penggunaan (cara pakai), perawatan, dan pengetahuan. Ya, ada yang menggunakan laptop asal-asalan, merawatnya juga asal-asalan, yang mana keduanya merupakan akar dari ketidaktahuan akan pengetahuan penggunaan laptop.

Oleh karenanya, sebelum membahas solusi, saya jelaskan penyebabnya, namun jika ingin langsung mencari solusinya juga tidak maslah, langsung saja ke bagian Solusi 'Cara Mengatasi Laptop Lemot'

Untuk penyebabnya bisa universal entah OS Windows ataupun Mac, namun untuk solusi yang akan saya bawakan adalah untuk seri Windows 7, Windows 8 & Windows 10. Sejalan dengan waktu penulis akan update mengenai OS yang lainnya.


1. RAM Penuh

Ram yang bekerja penuh tentunya menghambat jalannya proses Laptop dengan lancar. Biasanya di tandai dengan bunyi seperti kipas yang menggebu. Dalam sebuah pertanyaan di Quora.com, Can a lack of RAM slow down my computer?

Dalam versi translasi (kurang lebih/Intinya):


Tergantung. Ya, jika kamu menggunakannya untuk program yang intens seperti permainan (berat) atau juga 3D Modeling atau yang lainnya. Tapi, tidak akan berpengaruh besar jika meggunakan program yang memakan sedikit ram.

Adanya tabrakan antar software program juga bisa menyebabkan leptop lemot, dan termasuk dalam penyebab RAM penuh.

2. Penggunaan HDD

HDD jauh memiliki pembacaan (read-write) yang lebih lambat dari SSD. Mengutip dari WindowsCentral.com dalam artikel mereka yang berjudul SSD vs HDD: Which should I have in 
my PC? | Windows Central, intinya--SSD terbukti jauh lebih cepat dibandingkan dengan HDD dalam fokus read-write yang berperan besar terhadap performa laptop/komputer, bahkan dengan size yang lebih kecil. Penyimpanan HDD terdiri atas pita magnetik juga memiliki bagian mekanis yang terletak di dalamnya. HDD mungkin jauh lebih besar dari SSD, namun jauh lebih lambat untuk membaca dan menulis (dibanding SSD).

3. Adanya Aktivitas Virus

Virus cukup berbahaya apabila tidak terdeteksi, kebanyakan dari mereka aktif di belakang layar sehingga tidak terbaca oleh pengguna, bahkan sistem sendiri tidak bisa mendeteksi atau menghapusnya.

Webroot.com menjelaskan bahwa "Perangkat lunak perusak (virus) yang beraksi dapat menghabiskan banyak memori komputer Anda, menyisakan sumber daya yang terbatas untuk digunakan oleh program sah lainnya. Hal ini dapat menyebabkan kinerja program penting yang sangat lamban, seperti browser Internet atau sistem operasi Anda dan PC yang lambat secara keseluruhan".

4. Terlalu Sering 'Sleep Mode' Dalam Waktu Lama

Kebiasaan pengguna yang langsung menutup layar membuat laptop tetap mempertahankan status (data) meski dimatikan. sehingga ketika dihidupkan ulang, ROM akan membaca semuanya kembali dan membutuhkan waktu lama apabila terlalu banyak yang dibaca, apalagi menggunakan HDD, maka laptop lambanmu akan makin parah.

Penjelasan lebih lengkap juga telah dijawab dalam sebuah pertanyaan di Quora.


5. Program Malfungsi

Program yang malfungsi bisa menyebabkan laptop mejadi lemot saat diaktifkan, salah satu diantaranya adalah penggunaan program bajakan, kesalahan prosedur install, dan kesalahan prosedur uninstall.

6. OS Mengalami Corrupt

OS adalah basis dasar, dimana program yang dijalankan bergantung juga pada OS-nya. Berbeda basis, maka beda juga susunan program dari software yang akan digunakan. Namun, apa yang terjadi jika OS sebagai basis mengalami gangguan? Tentunya bukan hanya 1 atau 2 software yang akan terpengaruh.


Cara Mengatasi Laptop Lemot


Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, harapannya adalah kalian bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan laptop. Sekarang mari ke solusi.

1. Menggunakan 'Task Manager'

Tekan ctrl + shift + esc untuk membuka task manager, kemudian lihat apa saja program yang menghabiskan banyak ram. Dengan begitu kalian bisa menghindari membuka terlalu banyak program besar yang bertabrakan. Hal ini tentunya dapat menyelamatkan ram menjadi lebih longgar.

Di Task Manager juga bisa menutup program secara paksa, terkadang ada program yang berjalan di 'belakang' dan memakan ram besar. Kemungkinan besar ini adalah ulah dari virus.

2. Bersihkan temp dan %temp% (TERAMPUH)

Cara ini tidak permanen, karena kita akan menghapus sampah yang mengganggu, dan sampah tersebut akan terus muncul. Jadi cara ini harus dilakukan setiap laptop terasa berat.

Pertama buka Run Command dengan cara Win + R, kemudian ketikkan temp dan Ok. Setelah itu kemudian akan terbuka jendela Explorer, di dalamnya ada banyak sekali file sampah.
  1. CTRL ALL File
  2. Delete Semua
  3. Lewati File Yang Membutuhkan Izin

Sekarang buka Run Command lagi dan ketikkan %temp%. Lakukan hal seperti diatas.

3. Ganti SSD

Jika kamu masih menggunakan HDD, maka laptop lelet itu sudah hal yang lumrah, karena kecepatan read-wtire HDD memiliki rata-rata 60mbps sedangkan SSD bisa sampai 500mbps.

4. Hindari Penggunaan Program Bajakan

Program bajakan membawa banyak sekali ancaman kepada laptop atau komputer kamu. Pertama, saat download banyak sekali link jebakan yang malah mengunduh program tidak jelas dan merusak (virus). Kemudian saat install, ketika salah prosedur, bahaya sudah, belum lagi kalau program installer sudah corrupt oleh pengunggah.

Sebisa mungkin hindari, hal ini bisa membantu laptop lelet-mu perlahan normal. Memang beberapa orang bisa memilah program bajakan mana yang aman dan tidak, tapi untuk orang awam susah sekali.

5. Ganti OS

OS  7 lebih rentan mendapatkan serangan virus karena sudah tidak lagi mendapat update dari microsoft. OS 8 cukup aman. Namun, disini penulis menyarankan untuk menggunakan Windows 10, meski jauh lebih berat dari OS 7 dan 8, tapi berat Win 10 memang karena program berat, minim sekali virus yang lolos oleh Windows Defender.


Kata Kunci:  Laptop Lemot, Cara Mengatasi Laptop Lemot




Demikianlah Artikel Cara Mengatasi Laptop Lemot

Sekian Info Lokernya Cara Mengatasi Laptop Lemot, semoga saja bisa bermanfaat untuk agan-agan semua. okay, sekian postingan Info loker Indonesia kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Mengatasi Laptop Lemot dan artikel ini url permalinknya adalah https://tribuncara.blogspot.com/2020/08/cara-mengatasi-laptop-lemot.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

3 Responses to "Cara Mengatasi Laptop Lemot"

  1. temp sama %temp% itu sampahnya ya? Mantep bisa lancar meski ga permanen, sip!

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus