Advertisement

3 Langkah Mengurus ATM yang Hilang

3 Langkah Mengurus ATM yang Hilang - Haii agan-agan pencari Info Lowongan Kerja Indonesia, Kali ini 3 Langkah Mengurus ATM yang Hilang, Tribun Loker punya beberapa info nih, langsung saja cek infonya di bawah.

Judul Info Lowongan Kerja : 3 Langkah Mengurus ATM yang Hilang

Info Loker Peluang Lain


3 Langkah Mengurus ATM yang Hilang

ATM Hilang? Tenang, Ikuti 3 Langkah Mudah Berikut!


Tribun Cara, Powered by META - Uang adalah alat transaksi yang sangat penting untuk menunjang berbagai kebutuhan dan keinginan seseorang. Karena uang adalah alat tukar yang berharga, sehingga tiap orang perlu berusaha untuk mendapatkannya demi memenuhi kebutuhan serta keinginan. Ada kalanya orang yang bekerja dengan keras mendapatkan banyak uang, beberapa begitu boros dengan uangnya, sebagian lagi menginvestasikannya, dan sebagian sisanya menabungkannya ke bank.

Ngomong-ngomong tentang menyimpan uang di bank, itu berarti kita menaruh kebanyakan uang kita di dalamnya agar lebih aman bukan? Namun bagaimana jika kita membutuhkannya sewaktu-waktu? Apalagi jaraknya mungkin jauh dari rumah? Juga antrian di bank yang mengular? Oleh karenanya bank memberikan fasilitas berupa kartu ATM yang bisa dipergunakan di mesin-mesin ATM yang lebih menjangkau dan flexibel guna penarikan uang dari tabungan bank di saat-saat krisis.

Img Source: Cermati.com

Masalah lain kemudian muncul. Manusia tetaplah manusia, banyak yang kehilangan kartu ATM mereka akibat kelupaan, keteledoran, ketakacuhan pada barang pribadi hingga akibat ketidakberuntungan. Sekarang, apakah kalian merupakan salah seorang yang kehilangan kartu ATM karena alasan-alasan tersebut atau bahkan lainnya? Intinya kehilangan kan?

Penulis sendiri ialah orang yang sama seperti alasan-alasan diatas, penulis pernah kehilangan kartu ATM berkali-kali entah karena pikun, teledor, acuh dengan barang bawaannya, hingga ketidakberuntungan. Karena hal tersebut terjadi berulang-kali, penulis kemudian mendapat ide untuk menulis artikel tentang 'Cara Mengurus ATM yang Hilang'. Langsung saja ke pembahasan, berikut adalah langkahnya.


1. Ingat Kembali, Apakah Hilang di Tempat Umum atau Terselip aman di Rumah?

Ini adalah langkah utama, jika rasanya kartu ATM terselip di rumah kalian tak perlu terlalu khawatir dan bisa melewati langkah ini.

Img Source: Pngitem.com

Namun, jika kalian mengingat betul bahwa kartu ATM kalian hilang di tempat umum atau bahkan dicuri, maka langkah paling awal adalah memindahkan saldo ke rekening lain yang aman, (catatan: sisakan saldo hingga kurang dari 50.000) melalui Internet Banking atau Mobile Banking, langsung hubungi call center apabila kondisi tidak memungkinkan.

Mengapa kurang dari 50.000? Karena mesin ATM hanya ada 2 jenis, penarikan 50.000 dan 100.000
Mengapa tidak mengosongkan saldo? Tergantung dari pihak bank, pada saat melakukan blokir dan pembuatan ATM baru, ada biaya admin yang diambil dari saldo sekitar 10.000 - 20.000 (Tidak termasuk keduanya).

     

     Pemblokiran

Hubungi Call Center terkait untuk melakukan pemblokiran ATM segera setelah kehilangan dan memindahkan saldo. (Catatan: Hati-hati bahwasanya nomor Call Center yang ada di mesin ATM bisa saja sudah diakali oleh orang tidak bertanggung jawab)

Beberapa Nomor Call Center bank-bank di Indonesia:

  1. Bank BCA dan BCA Syariah 1500888
  2. Bank Mandiri 14000
  3. BTPN 1500300
  4. Bank BNI dan BNI Syariah 1500046
  5. Bank BRI 14017 atau 1500017
  6. BRI Syariah 1500789
  7. Bank CIMB Niaga dan Niaga Syariah 14041
  8. Muamalat 1500016
  9. Jenius 1500365

Lebih lengkap dan lebih banyak kunjungi link berikut Daftar Nomor Call Center Bank Terupdate

Setelah terhubung dengan pihak bank, ceritakan secara singkat dan tertuju pada masalah dan tujuan. Yakni Kehilangan dan Pemblokiran. Hati-hati juga, pastikan bahwa Call Center yang anda hubungi adalah benar-benar dari pihak bank. Pihak bank tidak memerlukan PIN ATM kalian, sehingga jika ada Call Center yang memintanya, maka dapat dipastikan itu adalah penipuan, segera tutup dan cari informasi nomor Call Center yang asli.


2. Minta Surat Kehilangan di Kantor Polisi Terdekat

Sebelum meminta kartu ATM yang baru ke bank terkait, harus ada syarat yang dipenuhi, yakni surat keterangan hilang. Kalian bisa memintanya di kantor polisi terdekat cukup dengan membawa KTP dan Buku Tabungan.

Img Source: Shutterstock.com

Di sana, kalian cukup menjawab pertanyaan yang diminta oleh pihak kepolisian dan mengisikan data diri.

Prosesnya cukup cepat, dalam hitungan menit langsung jadi.


3. Kunjungi Bank Terkait

Setelah mendapatkan surat kehilangan barang, segera menuju bank terkait untuk meminta kartu ATM yang baru.

Img Source: Investor.id

Jika ini yang kali pertama, langkahnya cukup mudah, pergi saja ke bank terkait lalu bilang pada satpam jika mau mengurus ATM yang hilang, seketika akan diberi petunjuk, arahan dan nomor antrian (biasanya).

Jangan lupa untuk membawa KTP, surat kehilangan dan buku tabungannya ya.

Kata Kunci: ATM Hilang, Cara Mengurus ATM Hilang



Demikianlah Artikel 3 Langkah Mengurus ATM yang Hilang

Sekian Info Lokernya 3 Langkah Mengurus ATM yang Hilang, semoga saja bisa bermanfaat untuk agan-agan semua. okay, sekian postingan Info loker Indonesia kali ini.

Anda sedang membaca artikel 3 Langkah Mengurus ATM yang Hilang dan artikel ini url permalinknya adalah https://tribuncara.blogspot.com/2020/08/3-langkah-mengurus-atm-yang-hilang.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

1 Response to "3 Langkah Mengurus ATM yang Hilang"