Advertisement

Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha

Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha - Haii agan-agan pencari Info Lowongan Kerja Indonesia, Kali ini Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha, Tribun Loker punya beberapa info nih, langsung saja cek infonya di bawah.

Judul Info Lowongan Kerja : Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha

Info Loker Peluang Lain


Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha


Bagaimana Caranya Mengidentifikasi Peluang Usaha?


Tribun Cara- Mencari pekerjaan di zaman ini nyatanya cukup sulit loh, ledakan penduduk pada suatu daerah dan terbatasnya lapangan kerja membuat tingkat pengguran berada di atas angka normal. Namun, sisi lain dari terbatasnya lapangan kerja tersebut ternyata membawa banyak dampak positif, salah satunya adalah adanya persaingan, keinginan untuk membuat lapangan kerja, dan meningkatnya kualitas dan kuantitas SDM demi memenuhi kehidupan jangka panjang mereka.

Apakah kamu punya keinginan untuk membantu perekonomian bangsa? 100, 200 perak-pun tidak masalah. Kamu bisa menjadi seorang wirausaha yang nantinya juga dapat membuka lapangan kerja. Ada yang dinamakan dengan UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah, kamu bisa membantu peran UMKM dengan bisnis yang akan kamu mulai.

Bayangkan ketika kamu berhasil menciptakan perusahaan yang besar, kamu memberikan ribuan pekerjaan pada pengangguran di Indonesia, dan banyak lagi hal yang bisa kamu dapatkan. Jika kamu memang berkeinginan membuka usaha, dan memulai kehidupan wirausaha kamu, maka yang perlu kamu ketahui pertama adalah 'Melihat Peluang Usaha'. Baca Juga: Cara Membuat Teks Prosedur

Perhatikan apa yang orang-orang butuhkan dan apa yang sedang tren di masyarakat, ini adalah awal dari usaha yang akan kamu rintis.

Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha

Kamu sudah kuliah? Mengambil sesuatu yang berhubugan dengan ekonomi? Jika tidak, tak perlu dipermasalahkan, kamu bisa membeli buku seputar usaha sembari menerjunkan diri ke dalam jurang perdagangan. Percayalah, kamu akan lebih cepat mengerti dan paham. Namun, jika kamu belum kuliah, dan berencana untuk kuliah, kamu bisa mengambil sesuatu yang berhubungan dengan ekonomi atau saran saya Manajemen.

Cara mengidentifikasi peluang usaha bisa dimulai dengan pemahaman dasar tentang perekonomian, gejolak yang terjadi, keseimbangan pasar, dan pengetahuan mengelola bisnis. Kamu bisa melihat apa yang kurang dari negara ini? Transortasi? Rest Area? Super Market? atau apapun itu. 


Source: Shutterstock.com

Menurut D. J. Schwartz, kurang lebih cara mengidentifikasi peluang usaha adalah sebagai berikut:

  • Percaya dan yakin bahwa usaha dapat dilaksanakan. Jangan menggunakan kata mustahil, tak mungkin, tak bisa, tak perlu dicoba dan khazanah pikiran khazanah bicara.
  • Tradisi lingkungan sekitar yang statis akan melumpuhkan pikiran wirausahawan. Lihatlah peluang-peluang usaha untuk menjadi besar. Tradisi atau kebiasaan lain yang kurang menunjang peluang-peluang usaha adalah etos kerja yang rendah dan selalu santai.
  • Setiap hari bertanyalah kepada diri sendiri “Bagaimana saya dapat melakukan usaha lebih baik.
  • Bertanya dan dengarkanlah. Dengan bertanya dan mendengar maka wirausahawan akan mendapatkan bahan baku untuk mengambil keputusan yang tepat. Orang besar memonopoli kegiatan mendengar, sedangkan orang kecil memonopoli kegiatan berbicara.
  • Perluas pikiran dan bersemangatlah. Bergaullah dengan orang-orang yang bisa membuat kita mendapat gagasan-gagasan peluang usaha.

Source: Freepik.com

Secara motivasi, dapat menggunakan poin-poin diatas. Namun secara aksi, secara materil tentang apa yang akan kita jadikan usaha adalah sebagai berikut:

  • Tentukan jenis usaha, akan di bidang manakah usaha kamu. Produk? Jasa?
  • Pantau pasar, apa yang sebenarnya paling diperlukan masyarakat.
  • Cari partner atau mentor jika kamu terlalu ragu untuk memulainya sendiri. Pebisnis memang harus berani, namun sifat seseorang tidak bisa dipaksakan begitu.
  • Cari SWOT analysis-nya atau Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Kesempatan) dan Threat (Ancaman).
  • Cari modal usaha atau penunjang bisnis lainnya.


Source: Graphicmama.com

Setelah hal-hal di atas sudah kamu persiapkan, dan kamu siap melakukan aksi nyata, saya punya beberapa tips agar tidak sampai salah langkah,

  • Jangan pernah menginginkan kesuksesan yang instan.
  • Hargai partner maupun pekerja-mu.
  • Ketika profitmu naik, gaya hidupmu jangan ikut dinaikkan.
  • 1, 2, 3 tahun pertamamu bisa saja sangat sulit. Jika memang usaha ini berpotensi, PERTAHANKAN!

Sedikit cerita dari perusahaan ternama Indonesia.


Cataran Kaki:

Kata Kunci: Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha, Cara Melihat Peluang Usaha, identifikasi peluang usaha



Demikianlah Artikel Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha

Sekian Info Lokernya Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha, semoga saja bisa bermanfaat untuk agan-agan semua. okay, sekian postingan Info loker Indonesia kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha dan artikel ini url permalinknya adalah https://tribuncara.blogspot.com/2019/11/cara-mengidentifikasi-peluang-usaha.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

2 Responses to "Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha"

  1. Gimana ya, susah sih pas cari partner yang pas sama mentor untuk meguru.

    BalasHapus
  2. Thanks infonya. Oiya ngomongin bisnis, ada fakta menarik yang perlu kamu tahu. Ternyata, ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan kalo seseorang itu belum siap untuk memulai suatu bisnis. Selengkapnya, cek di sini: Sederet tanda jika Anda belum siap memulai bisnis

    BalasHapus