Advertisement

Cara Memberi Sambutan dan Contohnya

Cara Memberi Sambutan dan Contohnya - Haii agan-agan pencari Info Lowongan Kerja Indonesia, Kali ini Cara Memberi Sambutan dan Contohnya, Tribun Loker punya beberapa info nih, langsung saja cek infonya di bawah.

Judul Info Lowongan Kerja : Cara Memberi Sambutan dan Contohnya

Info Loker Peluang Lain


Cara Memberi Sambutan dan Contohnya



Contoh Kata Sambutan yang Baik dan Benar

TribunCara - Sambutan adalah salah satu rangkaian kegiatan pada suatu acara, sambutan biasanya diletakkan diawal kegiatan. Tidak memandang jenis acara, sambutan digunakan baik dalam acara formal maupun non formal.

Seseorang yang memberi sambutan pun beragam, mulai dari petinggi instansi terkait yang memberikan izin, penanggung jawab kegiatan, ketua pelaksana, ataupun panitia yang terkait dan terikat dengan pra-acara.

Sambutan biasanya diisi dengan ucapan terima kasih, baik kepada panitia penyelenggara maupun peserta yang hadir pada kegiatan tersebut. Tak lupa juga berisi ucapan salam dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Nah, dalam kesempatan ini. Saya menyadari bahwa siapapun bisa saja memberikan sambutan dalam suatu acara, baik itu sudah di rencanakan maupun mendadak. Oleh karena itu, saya membuat sebuah artikel tentang cara memberi sambutan dan contoh kata sambutan dalam berbagai acara.

Baik, berikut adalah hal-hal yang harus kita pahami sebelum memberikan sambutan supaya apa yang kita sampaikan menjadi momen tersendiri seakan kita sudah sering memberikan sambutan.

Apa yang Harus Disampaikan Pada Saat Sambutan

Secara runtut, sambutan haruslah mengandung poin-poin sebagi berikut.
  1. Salam, baik seperti 'Assalamualaikum' atau salam lainnya atau juga sekedar 'selamat pagi'.
  2. Sapaan Kehormatan, menyapa petinggi dengan kata Yth. (Yang Terhormat) kepada Kepala Daerah, Kepala Sekolah, Jajaran Staff Ahli terkait, Panitia Penyelenggara hingga sampai pada Peserta Kegiatan. Intinya sambutan harus urut mulai dari pangkat yang tertinggi, artinya hal ini menyesuaikan.
  3. Ucapan Syukur, berisi kalimat syukur yang ditujukan kepada Tuhan YME dan lainnya.
  4. Berterima Kasih dan Ucapan Selamat Datang, berbeda dengan sapaan kehormatan yang hanya menyebutkan nama-nama petinggi. Disini pemberi sambutan memberikan ucapan terima kasih secara umum kepada peserta atas nama Panitia.
  5. Menceritakan Sedikit Tujuan Acara, ya, ibaratkan seminar, artinya tujuan dari acara ini untuk bekal pengetahuan.
  6. Harapan dan Penutup, singkat kata, sebelum mencapai kata 'Demikian yang bisa saya sampaikan' ucapkan juga harapan seperti 'Saya harap kegiatan ini nantinya akan . . .'

Minimal apa yang kamu sampaikan mengandung poin-poin diatas, tidak perlu panjang lebar, ingat! Ini bukan pidato, hanya sambutan. Berikut adalah contoh per poin dan untuk keseluruhan dibagian akhir:

1. Salam

Contohnya:
  • "Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh" - Islam
  • "Salam Sejahtera Bagi Kita Semua" - Kristen
  • "Salam Kebajikan" - Konghucu
  • "Om Swastiastu" - Hindu
  • "Namo Buddhaya" - Buddha

2. Sapaan Kehormatan

Contohnya:
  • "Yang terhormat, Bapak Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. selaku Rektor Unesa"
  • "Yang terhormat, Bapak Dr. Anang Kistyanto, S.Sos., M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi Unesa"
  • "Yang terhormat, jajaran Panitia atau staff ahli Penyelenggara Acara *****"
  • "Dan yang saya sayangi, adik-adik sekalian."

3. Ucapan Syukur

Contohnya: 
  • "Puji syukur kita panjatkan atas kehadiran tuhan yang maha esa, karena atas limpahan serta rahmat-nya, kita dapat berkumpul bersama dalam acara ini dalam keadaan sehat dan tak kurang satu apapun."
  • "Tak lupa, Shalawat serta salam kita curahkan kepada junjunga kita nabi besar Muhammad SAW, yang telah membimbing kita dari jaman kegelapan atau jahiliyah menuju jaman yang aman dan terang benderang."

4. Terima Kasih dan Selamat Datang

Contohnya:
  • "Kami selaku panitia dari perlombaan ini, mengucapkan banyak terimakasih atas ketersediaan bapak/ibu juga teman-teman sekalian yang tergabung dalam perlombaan ini. Rasa terimakasih juga kami ucapkan kepada pihak penyelenggara acara baik dari pihak Fakultas, Jurusan serta semua rekan yang telah membantu hingga acara ini terlaksana."

5. Tujuan Acara

Contohnya:
  • "Seperti yang kita ketahui, adanya perlombaan ini adalah bertujuan untuk memupuk sisi kompetitif mahasiswa dalam “Merancang Sebuah Bisnis” dimana dalam ajang kompetitif ini telah diikuti oleh setidaknya 68 Tim dari berbagai Universitas yang berasal dari 3 Negara, Indonesia, Malaysia dan Singapura. Alhamdulillah, perlombaan kita tahun ini bisa terlaksana dengan antusiasme yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya."

6. Harapan dan Penutup

Contohnya:
  • "Semoga, pada ajang kali ini bisa lebih baik dari ajang-ajang sebelumnya, dan untuk tahun yang akan datang, acara ini bisa lebih antusias juga meriah dari sebelumnya. Akhir kata dari saya, demikian yang bisa saya sampaikan pada sambutan kali ini, Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh."

Contoh Kata Sambutan Lengkapnya


_________________________________________________

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat, Bapak Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. selaku Rektor Unesa.
Yang terhormat, Bapak Dr. Anang Kistyanto, S.Sos., M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi Unesa
Yang terhormat, jajaran Panitia atau staff ahli Penyelenggara Acara *****
Dan yang saya hormati Tamu Undangan (jika ada) serta saya sayangi, teman-teman sekalian.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat tuhan yang maha esa, karena atas limpahan rahmat-nya lah kita masih bisa berkumpul bersama dalam acara ini dalam keadaan sehat dan tak kurang satu apapun. Tak lupa, Shalawat serta salam kita hantarkan kepada junjunga kita nabi besar Muhammad SAW, yang telah membimbing kita dari jaman kegelapan atau jahiliyah menuju jaman yang aman dan terang benderang.

Saudara-saudaraku yang berbahagia, kami selaku panitia dari perlombaan ini, mengucapkan banyak terimakasih atas ketersediaan bapak/ibu juga teman-teman sekalian yang tergabung dalam perlombaan ini. Rasa terimakasih juga kami ucapkan kepada pihak penyelenggara acara baik dari pihak Fakultas, Jurusan serta semua rekan yang telah membantu hingga acara ini terlaksana.

Seperti yang kita ketahui, adanya perlombaan ini adalah bertujuan untuk memupuk sisi kompetitif mahasiswa dalam “Merancang Sebuah Bisnis” dimana dalam ajang kompetitif ini telah diikuti oleh setidaknya 68 Tim dari berbagai Universitas yang berasal dari 3 Negara, Indonesia, Malaysia dan Singapura. Alhamdulillah, perlombaan kita tahun ini bisa terlaksana dengan antusiasme yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Semoga, ajang kali ini bisa lebih baik dari sebelumnya, dan untuk tahun mendatang, acara ini bisa lebih antusias dari sebelumnya. Akhir kata dari saya, demikian yang bisa saya sampaikan pada sambutan kali ini, Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
_________________________________________________

Contoh Kata Sambutan 2

Contoh Kata Sambutan 3



Referensi:



Kata Kunci: Contoh Kata Sambutan, Cara Memberi Sambutan.



Demikianlah Artikel Cara Memberi Sambutan dan Contohnya

Sekian Info Lokernya Cara Memberi Sambutan dan Contohnya, semoga saja bisa bermanfaat untuk agan-agan semua. okay, sekian postingan Info loker Indonesia kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Memberi Sambutan dan Contohnya dan artikel ini url permalinknya adalah https://tribuncara.blogspot.com/2020/01/contoh-kata-sambutan-dan-caranya.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

5 Responses to "Cara Memberi Sambutan dan Contohnya"